Harus ya...settingnya luar negeri melulu??

Bicara tentang setting dalam sebuah novel,yang sudah saya lihat online atau baca sendiri.Hampir semuanya bersetting luar negeri.Bukan karena saya tidak mahir bahasa Inggris(sebenarnya itu juga seeh,takut salah tulis)..tapi juga karena jujur aja bisa dibilang saya nee...punya nasioanalisme yang lumayan tinggi.Saya ingiii..in sekali belajar dan bisa menguasai berbagai bahasa dunia.Saya malah iri neeh sama ponakan saya yang sekarang duduk di kelas sebelas SMK Pariwisata.Kelas sepuluh aja udah belajar
Bahasa Korea,langsung lagi sama orang koreanya.Sekarang kelas sebelas belajar bahasa Perancis.Duh kalau seorang penulis bisa multibahasa itu udah keren banget.Jangan jauh-jauh daah bahasa Inggris aja,jadi nanti tulisannya itu kelihatan lebih berkelas.Apalagi ditambah bahasa Korea dan Perancis.
Hmmm...tapi ya,sebenarnya saya juga ingin belajar beragam bahasa negeri sendiri.Yang buanyak bejibun ga kehitung.Satu daerah saja kadang bahasa dan logatnya berbeda.Tapi..kenapa ya malah sangat jarang yang memakai bahasa kedaerahan.
Keduanya memang bagus,tapi saya lebih condong ke nasionalisme nya.Itung-itung mengenalkan ragam bahasa ke generasi muda.
Sebenarnya dari taun 2013,saya punya naskah yang masih tersimpan rapi.Menurut saya idenya seeh briliant,cuman kalaupun saya bisa menggarapnya.Pasti saya kesulitan dengan beragam bahasa daerah yang ingin saya masukan ke sana.
Hehe..ya sudahlah.Masih kejauhan mimpinya.Idenya udah keren,tapi skillnya masih cemen.Ta simpen aja dulu hehehe...
Btw,baik luar negeri or dalam negeri.Keduanya menurut saya sama-sama keren.Syukur-syukur kalau bisa kolaborasi keduanya.
Bisa ga ya kira-kira suatu hari nanti saya bisa belajar beragam bahasa baik luar or dalam negeri.Meski sudah ibu-ibu begini..kan tak ada batasan usia toh untuk belajar...
Tempat-tempat yang ada di Indonesia pun tak kalah kerennya sama luar negeri kok.Di kampung halaman saya saja di Kuningan -Jawa Barat masih banyak tempat seperti curug,bukit,juga situs-situs purbakala yang masih belum banyak terjamah dunia luar.Juga sisi misteri yang belum dapat dipecahkan.Itu contoh kecilnya saja.
Tapi zaman sekarang kan zaman canggih.Walau kita tidak bisa langsung ngetrip ke daerah atau tempat tertentu,kita juga bisa browsing di internet.Cuman pastinya akan lebih greget lagi kalau bisa mengunjunginya langsung..
Jkt,melepas lelah...

Postingan populer dari blog ini

Independent Woman

Weekend

Ambang Batas4