Curhat ^__^

Pengalaman Adalah Ilmu Yang Puaaaling Berharga
Tahun 2014 kemarin,bisa dibilang merupakan tahun yang puaaling 'melumpuhkan' imajinasi saya.Tak ada satu buah pun karya yang menambah koleksi buku antologi saya.Berada di titik terbawah tak hanya melumpuhkan semangat menulis,bahkan efeknya merembet ke semua hal.Semangat hidup,kepercayaan diri,termasuk paradigma yang perlahan udah mulai mau lurus tapi malah kembali mengawang tanpa tujuan.
Tapi dari semua pengalaman hidup yang sangat berharga itu,buat saya pribadi bisa menyimpulkan beberapa hal untuk di pakai sebagai cermin dan pelajaran ke depannya.
1.Menulislah dengan hati,karena jika yang dikejar materi hanya akan membuat jiwa tertekan.Materi itu hanyalah efek dari ketulusan yang lahir dari rangkaian kata-kata imajinasi.
2.Menulislah dengan 'pintar'.Contoh:jika hanya untuk menghasilkan sebuah cerpen dalam waktu satu jam atau kurang itu sih gampang.Tapi untuk menghasilkan karya yang baik,mengandung pesan moral atau sosial yang kuat dan juga  bermanfaat.Katakanlah yang ga biasa dan spektakuler..itu sama sekali tidak gampang.Dibutuhkan kepintaran dalam mencermati isu2 sosial yang sedang berkembang,trend yang sedang booming.Dan tentunya wawasan kita juga harus bisa mengikuti perkembangan zaman.Dan itu sama sekali tidak mudah.
3.PDKT sama orang/bidang yang berkecimpung dalam dunia menulis itu hukumnya wajib.Penerbit,Editor,sesama penulis,grup kepenulisan,dan juga media kepenulisan itu mau ga mau wajib diikuti perkembangannya.Bukan untuk cari muka,tapi niatkan untuk menjalin silaturahmi dan komunikasi plus belajar dari mereka.
4.Disiplin.Hahaha..untuk yang satu ini saya juga masih belum bisa tapi harus saya akui,ini mempengaruhi bagaimana hasil akhir dari sebuah perjuangan mewujudkan karya-karya yang bermanfaat.Mau ga mau,suka ga suka harus di jadwalkan.Bukan dari tergantung mood ataupun inspirasi.Ini juga yang akan membuat karya kita jadi atau hanya setengah jadi.Atau bahkan tidak sama sekali.Duch jleb banget (gw banget) *nyengir.
5.Kuat mental.Ini termasuk ke niat yang kuat.Tujuan yang kuat.Menghadapi kebuntuan ide,menghadapi penolakan.Dan hal-hal sejenisnya yang menjatuhkan mental untuk tetap berkarya.
6.Belajar dari karya orang lain yang sukses.Kita bisa belajar langsung banyak hal dengan membaca karya mereka.Tentang ide,alur,pembangunan karakter tokoh,setting waktu atau tempat,pesan moral dst.
7.Catet ide yang tiba-tiba muncul di benak kita.Kalau kebetulan lagi pegang hp ya di memo,atau kebetulan lagi pegang kertas dan pena ya tulislah.Ide-ide ini biasanya spontan tapi bisa di gali lebih dalam lagi ketika kita kehabisan ide.Atau lagi ga tau harus nulis apa.Simpan saja,karena suatu hari nanti pasti berguna.
Yaaah kurang lebihnya seperti itulah yang bisa saya petik dari pengalaman tersebut.Semoga bermanfaat.Khususnya untuk saya pribadi yang bisa mengingatkan diri sendiri agar lebih baik dari sebelumnya.Dan umumnya buat teman-teman yang kebetulan membaca ini.^__^

Postingan populer dari blog ini

Independent Woman

Weekend

Ambang Batas4