Mutiara

Baru beberapa hari yang lalu gue posting di sini soal pertemanan. Gue saat itu merasa kecewa saja, karena beberapa dari teman, sahabat bahkan yang udah gue anggap sebagai saudara kek nggak peduli sama jeritan hati gue. 

Ya, maybe gue juga yang terlalu berharap banyak mereka masih sama. Akhir-akhir ini gue memang lebih menutup diri, bahkan di kontak hp gue nggak lebih dari sepuluh orang hanya keluarga inti dan satu dua orang teman saja. 

Tahun lalu maybe ... gue lupa tepatnya, gue sempat membuka diri lagi pada dunia. Itu karena gue mulai lagi nulis di beberapa platform online. Gue harus promosikan karya gue juga pan, dari satu kontak menambah ke kontak yang lainnya sampai gue ikut lagi grup sekolah. 

Hp gue sibuk, entah dari grup teman-teman alumni atau dari grup nulis gue yang harus selalu up to date info biar ngga ketinggalan. Tapi satu kejadian tiba-tiba saja membuat gue menutup diri kembali dari dunia luar. 

Itu berawal dari keisengan berbuntut petaka. Saat itu, semangat gue kembali membara untuk mulai lagi berkarya. Secara mental gue udah lebih siap karena kebucinan udah jauh dari hidup gue. Jujur aja, yang selalu membuat gue drop itu kalau kondisi hati lagi nggak bagus. Intinya gue udah nggak pernah galau lagi soal cinta-cintaan. Sejak dulu, penyakit gue berpusat di situ. Selalu mendambakan kesempurnaan dalam cinta, sekalipun sudah berumah tangga. Seperti sebuah prinsip yang susah gue runtuhkan dan malah menjadi bumerang pada diri sendiri. 

Intinya sudut pandang gue berubah seratus delapan puluh derajat dah. Dulu gue berpikir arti sebuah kesetiaan itu adalah saling setia satu sama lain, tidak ada pihak ketiga yang mengobrak-abrik. Sekarang mata gue lebih terbuka juga lebih realistis. Tidak ada arti kesetiaan yang benar-benar murni. Dan memang bukanlah hal yang mudah untuk setia hanya pada pasangan hidup yang bertahun-tahun itu-itu saja. Pasti ada boringnya juga kalau tidak bisa saling menyiram biar tetap mekar kek kembang. 

Jadi, arti setia sekarang bagi gue bukan ketika kedua pasangan setia full otak hati pikiran, jiwa dan raganya. Itu bulshit dan hampir mustahil. Gue aja sekarang pengen dinikahin sama si jungkook, Blaah Hahaha

Setia adalah ketika keduanya tidak pernah menyerah untuk terus bersama, sekalipun banyak masalah. Dan keduanya tidak bisa saling meninggalkan satu sama lain. Right? Dah lah, standar setia bagi laki-laki yang sudah berumah tangga itu sekarang yang penting dia tetap di rumah nggak kabur-kaburan, tetap bertanggung jawab menafkahi istri dan anak-anaknya lahir batin. Tok! Itu sudah bagus. Kalau berharap lebih dari pada itu, maka siap-siap aja sedia tisu yang banyak buat ngelap air mata. Dipastikan hanya akan kecewa. 

Mana bisa begitu? Arti pernikahan kan lebih dari pada itu. Harus begini begitu, nggak cuman berkutat pada tugas dan kewajiban saja. Ya, dulu prinsip gue juga begitu yang ada malah kacau beliau. 

Sebab, pada intinya laki itu dari sananya dasarnya genit. Seneng lihat cewek bening geol-geol di tiktok yang pake baju kurang bahan. Tapi istrinya suruh tertutup dari atas ampe mata kaki. Bener kan? Pun sama, yang harus dipahami karakter laki dari sononya memang senang hidup bebas, tidak mau terkekang dan suka berpetualang juga tantangan. Itu hal yang sulit dibantahkan.

Sama kek sifat dasar wanita yang cenderung melow dan lebih mengutamakan perasaan dari pada logikanya. Meski tidak bisa dipukul rata, tapi pada dasarnya memang seperti itu. 

Balik lagi ke bahasan awal (jauh amat ya lompatnya hehe). Maklum lah gue kalo udah nulis ya ngalir aja yang ada di benak gue. 

Balik lagi ke awal tulisan gue di atas, satu kejadian yang gue bilang iseng berakhir petaka itu adalah saat gue pertama kali buka rekening khususon untuk pemasukan honor nulis. Gue udah optimis aja waktu itu. 

Ceritanya gue instal salah satu aplikasi belanja online yang punya limit bisa paylater atau kredit cash. Saat itu gue udah pede naskah gue bakal di acc, tinggal nunggu tanda tangan kontrak karena udah pada nyampe ke editor. Karena situasi masih pandemi, usaha harian gue tutup sejak covid. Gue ambil dong wong gue butuh buat sehari-hari, berdua ama ibu mertua gue karena usahanya sama-sama ditutup dan memang parah banget karena nggak ada pemasukan harian. 

Sialnya, menjelang jatuh tempo naskah gue digantung masih harus nunggu, ada yang harus direvisi bahkan beberapa di tolak. Karena waktu itu gue masukin naskah nggak hanya ke satu tempat aja, kek masukin lamaran kerja aja gimana. Nyebar kemana-mana dengan harapan semakin banyak kesempatan yang lolos pun begitu juga yang gue lakukan. 

Salahnya gue, saat panik gue pinjam ke pinjol yang ternyata ilegal. Buat nutup si aplikasi resmi yang gue ambil pertama itu. Dengan harapan naskah gue yang di revisi n masih gantung itu segera di acc, jadi gue bisa ngejar lagi buat nutup si pinjol ini. 

Ternyata, baru tiga hari gue udah dimaki-maki lewat wa. Gue protes dong, kan belum jatuh tempo dan lagi disitu ditulis 60 hari pengembalian artinya dua bulan ada jeda buat gue nyari duit nutup pinjol tersebut.

Sumpah itu pengalaman yang sangat getir dari sekian pengalaman getir hidup yang pernah gue alami. Gue dimaki-maki, segala kata-kata sampah dan sebutan binatang keluar semua. Sakit hatinya nggak ketulungan. Udah gitu, gue diancam mo disebarin data gue ke semua kontak. Panik lah gue! 

Karena pikiran udah semaput gue ambil jalan pintas, sebenarnya nggak segaja juga otak lagi ngebleng nggak bisa mikir jernih gue pencat-pencet aja. Gimana kagak mumet dikasih waktu 6 jam doang buat nyari 1,5 juta padahal gue pinjem cuman 1 juta. Dari pinjol itu gue pake buat nutup aplikasi paylater yang gue sebutin di awal tadi. Nggak taunya di acc. Gue cuman bisa bayar buat ngulur waktu doang karena gue takut juga data gue disebar ke semua kontak. Mana banyak kontak teman-teman sekolah dan grup nulis juga termasuk ibu-ibu seRT coz gue suruh masuk grup biar nggak ketinggalan info soal posyandu dsb. 

Menjelang jatuh tempo ampir keduanya dari pinjol ilegal tersebut, gue ambruk jatuh sakit coz gue nggak punya nyali buat cerita ke laki gue. Meski gue pake buat sehari-hari tapi gue posisinya salah karena nggak ngomong dulu ke laki gue. 

Namanya udah bertaun-taun tinggal bareng, dia udah hatam dong kalo gue ambruk pasti ada yang nggak beres. Gue terdesak, akhirnya dia tahu masalah tersebut. Udah jatoh tertimpa tangga ,ketiban reruntuhan pula. Saat reaksi laki gue murka semurka-murkanya. 

Jelas dia kagak mau tahu, coz dia nggak tahu menahu. Gue makin stres, minta tolong ma sapa. Akhirnya gue nelepon nyokap bokap gue dengan sangat terpaksa. Karena selama gue berumah tangga jauh ma mereka gue selalu keep masalah gue sendiri. Gue nggak mau menambah beban ortu gue yang udah banyak. 

Di titik itu gue merasa aja, kalau gue juga masih seorant anak. Gue masih punya mereka dan ingin juga diperhatikan sesekali atas masalah gue. Gue nggak bisa maksa n nyalahin laki gue karena posisinya gue yang salah nyari jalan sendiri. 

Drama berderai air mata kagak bisa gue bendung ngalir gitu aja saat gue nelp mereka. Bokap gue ampe mo jual kolam ikan buat nolongin gue. 

Saat itu, gue juga nggak tinggal diam gue bikin surat terbuka berharap teman atau sesama penulis mau gitu nolongin gue. Tapi gue hapus lagi postingannya, buat apa toh mending kalo ada yang mau bantu. 

Gue akhirnya nemu grup korban pinjol di ig, gue gabung sama mereka lewat wa. Banyak yang support gue dan bahkan mereka lebih parah ada yang ampe puluhan juta. 
Mereka ngasih masukan agar gue nggak bayar aja. Ohya, pas banget itu timingnya data gue benar-benar disebar mana fotonya lagi butex udah kek penjahat korup yang bawa duit negara milyaran. 

Lah ,gue cuman dua aplikasi masing-masing satu juta n harus balikin ampir 2 juta. Jadi total semua nembus 4 juta. Itu pun karena gue awalnya ngambil dari paylater berdua ma mertua gue. Dapat limit 900, gue gope sisanya ibu mertua gue karena waktu itu lagi butuh banget nggak ada duit sama sekali. 

Dahlah pait getir yang gue rasakan saat itu, bukan buat poya2 tapi berujung petaka. 

Barengan telepon dari bokap gue, akhirnya sama-sama sepakat ngasih jalan buat gagal bayar coz banyak kasus yang kek begitu ternyata. Kata temen-temen korban pinjol lainnya, anggap aja impas karena kita udah dimaki-maki dan pencemaran nama baik. Memang sepak terjang mereka seperti itu dengan cara mengintimidasi. 

Kalo yang legal, mereka nggak bakalan ngeluarin kata-kata sampah dan binatang apalagi menyebar data karena udah masuk pencemaran nama baik.

Itu masa yang berat, gue akhirnya nutup wa gue semua kontak gue hapus. Dan nggak kehitung rasa malu juga terhina yang gue tanggung. Ampe ke kontak nyokap gue juga ada dan nyokap gue nangis. Siapa yang mo anaknya digituin ya kan. Ah, itu bikin hati gue makin teriris. 

Mungkin karena hal itu juga, teman-teman gue juga jadi hilang respect gue nggak tahu. 
Tapi, ada saja teman yang hatinya masih lembut termasuk seseorang yang disebut di awal akhinya ngebantu gue. 

Yah, namanya juga perjalanan idup. Dan gue udah ngalamin banyak hal getir. 

Postingan populer dari blog ini

Independent Woman

Weekend

Ambang Batas4