My Lullaby Part3

Ini akan jadi kisah yang panjang ... 

Enaknya memang dijadikan novel. Selain karena gue takut terlalu mengekspos masalah intern. Juga gue cukup kesulitan nembus media buat nulisnya. Karena sekarang platform menulis itu kebanyakan mengikuti perkembangan zaman. Temanya nggak jauh dari Ceo, ya pokoknya yang berbau kekinian. 

Selain itu, editor sekarang ketat. Tulisan harus benar-benar sudah rapi dan jadi. Bahkan sudah sempurna menurut kita pun, kudu greget, kata baku non baku harus benar, dan seterusnya. Ngapain ada editor kalo begitu yak πŸ˜… 

Tugas penulis ya nulis aja, mo sesemrawut apa kek. Justru kadang kebanyakan aturan menurut gue malah membatasi karya. Tapi memang begitulah kenyataan yang harus dihadapi oleh penulis zaman sekarang. Harus mengikuti perkembangan kalau memang niatnya ingin menghasilkan cuan. 

Makanya gue pake bahasa asal nulis di blog gue sekarang, ya ingin meluapkan semua yang ada dibenak gue aja tanpa terhalang aturan. Entah memang ada yang mampir baca, ya syukur mungkin bisa bermanfaat dan menginspirasi. Kalau nggak ya buat gue sendiri, gue juga sering bolak-balik baca tulisan gue sendiri di blog ini. Intinya, gue sedang berusaha terapi. Percaya atau nggak, daripada menimbunnya menyesakkan dada mending curhatin aja. 

Gue juga nggak bisa sembarangan curhat ke orang lain pan. Lha disini kok? Pan gue udah pake anonim 😜, aman lah. Kecuali ada orang yang memang tahu kalau gue pake nama pena tersebut. 

Lanjut part 3 

Ini soal nyokap gue ... 

Nyokap gue ... Gimana yak .... 

Sama kek bokap gue lah. Tapi, nyokap gue sabaaaar bet. Nggak kek gue hehehe 

Nyokap gue jauh dari kata cerewet bawel, marah-marah pokoknya. Tetap setia mendampingi bokap gue dalam suka maupun duka. Kebanyakan dukanya malah. 

Seumur hidupnya sampai saat ini masih kesusahan. Tapi selalu menjalaninya dengan tabah dan tawakal. Ibadahnya juga kuat. Mungkin bisa dibilang, nyokap gue merangkul semuanya. Lebih-lebih anak Mpok gue yang sekarang harus hidup tanpa merasakan kehadiran bapaknya, sekalipun depan matanya. Bagi nyokap gue, mereka semua anugerah dan titipan. Dan entah apa jadinya tanpa nyokap gue. Karena memang kehadiranya menenangkan semua. 

Itu yang membuat gue suka iri sama Mpok dan Abang gue. Karena gue jauh, bahkan gue nggak bisa mengadu kalau gue sedang tidak baik-baik saja. 

Setelah didiagnosa kanker p***dara, nyokap gue harus dioperasi dan kemo. Pas dengar itu gue hanya bisa nyesek, karena udah nggak bisa nangis keluar air mata waktu itu. Cius dah. Mo gue paksa, nggak keluar-keluar. Gue pikir cuman peribahasa pas ngalamin sendiri baru percaya asa ungkapan 'sudah kering air mata'. Tahu gue juga heran bisa begitu. Ketika badai besar menerjang bahtera pernikahan gue .... dua tahun gue tiap malam sepi nangis mulu dewekan, dua tahun gue hadapi tanpa bisa ngeluarin air mata. Tar dah ada part bagian gue nya 😊 

Kan emang gue pengen bahas atu-atu. 

LanjΓΉut πŸ˜…

Hal yang sangat menyedihkan disaat-saat berat tersebut gue nggak ada di samping nyokap gue dan ikut membantu mengurusnya. Tapi keknya Alloh sangat sayang ma nyokap gue, biaya kemo Alhamdulillah ada bantuan dari Yayasan. Biar kata ada Bpjs, tetap saja kan harus bolak-balik ke Bandung. Karena di kampung masih terbatas fasilitasnya. Bagusnya sekalian nyokap gue pulang kampung. Pas teleponan ma gue, nyokap gue cerita kalau di sana diperlakukan dengan sangat baik. Tenang dong hati gue. 

Gue mesem sendiri, ya ... hikmahnya. Nyokap gue berasa jadi anak lagi pan deket sama mamahnya (eyang gue). Tapi tetap saja, karena dah lama tinggal di kampung dan bokap gue juga nggak bisa jauh-jauh. Nyokap paling berapa hari doang disana, balik lagi ke kampung. Kalo dipikir-pikir ya sama kek gue. Abis nikah dibawa jauh dan jarang pulang. Sekalinya pulang pengen lama saking kangen dan nyamannya. Tapi tetap nggak betah juga pada akhirnya yang kepikiran ya anak-anak dan suami. Biar gimana kalau sudah menikah hawanya lain. Punya kehidupan sendiri-sendiri. 

Alhamdulillah juga, sekarang keadaan nyokap gue udah pulih. Rambut yang sempat berguguran tumbuh lagi. Dan nggak harus ketergantungan sama obat, cuman sesekali cek ke rumah sakit. Sama kek bokap gue, gue juga berharap hal yang sama. Kedua orang tua gue, sudah terlalu banyak menghadapi kesulitan. 

Gue hanya berharap, segala cobaan yang berat dan bertubi-tubi itu karena Tuhan terlalu sayang. Dan meski sering gue protes kenaway mereka selalu diberikan ujian yang berat dan kesusahan. Padahal orang tua gue rajin ibadahnya, tabah menerima cobaan. Mbok ya kali-kali gitu Alloh angkat semuanya berganti kebahagiaan. Gue nggak bisa menciptakan keajaiban untuk mereka, tapi Alloh bisa saja dalam satu kedipan mata. Apa nggak kasihan gitu bokap nyokap gue udah berusia lanjut tapi dan tapi ... 

Ya, gue sering bertanya hal itu dalam benak gue sendiri. Namun, semua di luar kuasa gue. Termasuk alur hidup yang sedang gue hadapi, mungkin alur kehidupan mereka juga sudah di setting begitu. Hanya saja kedua orang tua gue sudah teguh memilih jalan mereka di jalan yang diberkahi Tuhan. Mungkin andai kata di dunia tidak pernah menemukan jalan kebahagiaan, Alloh akan menggantinya di kehidupan nanti atas buah kesabaran mereka. Dan gue yakin bokap nyokap gue pun berpikir demikian. 

Tapi tidak dengan gue 😣 

Entah karena gue yang terlalu kritis, entah karena iman gue yang cemen. Termasuk gue beda jauh karakternya ma nyokap gue. Tapi gue belum bisa kayak mereka. Belum bisa setabah mereka. 

Ah, gue jadi kangen pan ma nyokap gue 🀧 
Lanjut ya part 4

Postingan populer dari blog ini

Independent Woman

Weekend

Ambang Batas4