My Lullaby part5

Gue pengen lanjut cerita soal keluarga gue. Tapi gue langkap atu, harusnya abis mpok gue part5 nya abang gue. Gue loncat ke bagian gue, karena pas banget aja sekalian gue pengen curhat. Berbagi pengalaman idup, kali aja ada yang mampir semoga bisa ambil hikmah dari semua tulisan yang gue sampaikan di sini. 

Gue anak bontot, dari tiga bersaudara seperti yang sebelumnya gue bahas atu-atu. Hidup gue mengalami fase hebat di taun sekitar 2014an. Pernikah gue yang lagi adem ayem tiba-tiba aja goyah. Laki gue seketika kek orang amnesia lupa segala-galanya. Awalnya gue mengira, dia berpaling karena memang wanita lain tersebut mayan orang berada. 

Gue yang tentu saja nggak terima, shock bahkan mengalami semacam guncangan jiwa. Selama kurang lebih empat taun gue didera prahara dan drama panjang. Dari yang gue cuman bisa mewek dewekan tengah malam ampe kering air mata. Kenaway bisa begitu. 

1. Gue shock berat karena nggak ada kepikiran dikit pun laki gue bakal berpaling, mengingat dulu gue nikah sama-sama bucin.

Bahkan laki gue sempat berikrar bahwa gue wanita pertama dan terakhir dalam kehidupannya. Kalo pasangan lain kadang berantem gara-gara bahas mantan. Gue mah nggak, karena dia emang nggak punya mantan sebelum nikah ama gue. Dengan kata lain dia nggak pernah ngerasain pacaran. Kata gue, emang nggak pernah suka ma seseorang. Kata laki gue ya pernah lah namanya juga cowok normal. Tapi dia berkata sewaktu mudanya, dia termasuk cowok yamg tertutup dan sering minder ga pede dan lain sebagainya. Tentu sebuah penghormatan buat gue menjadi wanita satu-satunya. Itu artinya pun gue sudah terbiasa menempati singgasana hatinya oleh gue seorang.

Ketika tiba-tiba posisi itu tergantikan ya otomatis gue terguncang. Terlebih posisi sudah menjalin ikatan sakral pernikahan. Laki gue bukan tipe yang genit dan gampang deket ma lawan jenis. Itu yang bikin sakit. Dia membawa hatinya ikut serta, hingga gue harus perang sabil melawan rasa sakit dan bertahan demi anak gue. Juga demi diri gue sendiri karena memang dulu sama-sama bucin. 

2. Laki gue tipe cowok yang bertanggung jawab dan sayang ma anaknya. 

Sekalipun dia lagi 'amnesia', dia tetap menafkahi gue lahir batin juga deket ma anaknya. Itu yang bikin gue dilema. Kan ada katanya ketika laki sedang 'oleng' sampe nggak mo deketin bininya bahkan nggak ngasih nafkah. Laki gue mah nggak gitu, ke gue tetep mo deket-deket ya meskipun waktu itu hati gue meradang. Karena hati dan pikirannya nggak sama gue lagi. Gue pun mulai ngerasa asing ma laki gue sendiri. 

Dia juga tetap pulang ke rumah, walau ampir tiap hari dengan berbagai alasan sering pulang larut dengan aroma wangi yang semerbak. Kek orang lagi jatuh cinta ae gimana. Antara gue mengorbankan perasaan dan kebahagiaan anak gue atau diri sendiri. Sudah tentu ibu manapun akan rela mengorbankan segalanya agar buah hatinya tetap tersenyum. Sekalipun gue sedang perang dingin ma laki gue waktu itu, gue selalu ngajarin anak gue buat bersikap baik dan menghormati bapaknya sebagaimana mestinya. 

Tapi karena waktunya cukup lama, anak gue pun kian tumbuh dan bisa menilai sendiri sekalipun gue berusaha nutupin kesedihan. Lebih lagi bapaknya jadi sering pulang larut ampir tiap hari. Kalo ingat masa-masa itu sampai sekarang pun gue masih merasa bersalah sama anak gue. 

Karena kondisi psikis gue yang terpukul, gue sering nggak bisa mengendalikan diri sendiri. Jadi, anak gue lihat dengan mata kepalanya sendiri emaknya matanya bintitan kebanyakan nangis, ampir tiap hari ambruk karena migren terus kumat, badan kurus kering ga nafsu makan. Pikiran sering kosong beberapa kali gue sampe ngalami kesurupan dan kadang kek tiba-tiba nangis histeris. Dan nggak keitung keciduk tengah malam lagi berantem hebat ma laki gue. 

Itu masa-masa yang berat banget. Karena gue juga harus ngumpetin semua yang terjadi jangan ampe bokap nyokap gue di kampung tau. Apalagi sampe pisah dan nambahin beban mereka. 

3. Masalah yang sama dan berulang, pas banget keluarga gue juga ngadepin trouble yang berat 

Suatu ketika, nyokap gue nelp katanya mo ke Jakarta nenangin pikiran. Gue seneng campur cemas karena otomatis kalo nyokap gue datang, dia pasti lihat ada yang sedang ngak beres sama pernikahan gue.

Bahkan sehari sebelumnya, gue berantem hebat ma laki gue. Karena gue lagi-lagi nyiduk dia ternyata masih hubungan dengan wanita yang sama. Gue kalap, gue bilang kalo udah nggak cinta jangan gini caranya. Bilang baik-baik ma orang tua gue karena dulu dia meminangpun baik-baik. Dua-duanya sama-sama esmosi, laki gue berkata okeh kalo maunya begitu. Hati gue remuk ancur ngebayangin besok emak gue dateng mo niis tapi disambut dengan pemasrahan anak bungsunya mo jadi janda. Ngebayanginnya hati gurle ancur berkeping. 

Tapi pas nyokap gue dateng, cerita soal masalah yang terjadi di kampung berlinang air mata, membuat hati gue meradang. Untuk kesekian kali gue meredam ego gue, gue cairin lagi suasana ma laki gue yg udah ampir diujung tanduk karena gue nggak sanggup liat nyokap gue tambah sedih. Alhasil, malamnya gue cuman bisa nangis sesegukan di pangkuan ibu mertua gue padahal nyokap gue ada disamping gue lagi tidur. Tapi gue nggak bisa numpahim segala kesedihan gue ma dia. 

Karena agak lama nyokap gue di jakarta dia akhirnya menangkap gelagat aneh. Laki gue jarang di rumah dan pulang malem terus. Bukan dari mulut gue, kebetulan ada sodara dari ibu mertua gue yang lagi berkunjung nyinggung dikit soal keadaan gue. Dia bilang sama emak gue kalo gue lagi diuji.  ya jelas aja nyokap gue akhirnya nanya. Dengan sangat terpaksa akhirnya gue bilang kalo memang sedang ada masalah. Tapi nggak gue ceritain detilnya takut dia terbebani. Dari situ gue meyakinkan emak gue juga diri sendiri kalo sampai kapanpun gue bakal bertahan memperjuangkan pernikahan gue. 

Dan kalo dipikir-pikir andai gue nyerah berarti gue kalah. Kalopun ada yang harus pergi ya bukan gue tapi wanita itu. Gue bertekad mempertahankan apa yang jadi hak gue dan anak gue. Enakan wanita itu lah, kalo gue masrahin laki gue. Mungkin sakit hati gue seiring berjalannya waktu akan sembuh dengan sendirinya. Tapi gimana dengan anak gue? Sekalipun tetap berhubungan baik, tetap saja yang namanya perceraian yang jadi korban perasaan nantinya adalah anak gue. 

Bersambung yak lanjut part berikutnya 🥺

Postingan populer dari blog ini

Independent Woman

Weekend

Ambang Batas4